World Cup

Entah kenapa sampai detik ini kalo ngebahas soal world cup atau euro gue masih semangat dan antusias aja. karna masih banyak pertanyaan di benak gue yang belom terjawab soal sejarah perhelatan dunia itu. kali ini gua lagi iseng-iseng pengen tau sejarahnya world cup. lumayan nambah-nambah pengetahuan. hehehe

 World Cup, berlangsung setiap 4 tahun sekali. Pertama kali diadakan di uruguay tahun 1930, sempat berhenti selama 12 tahun karena perang dunia II. Kemudian berlangsung kembali di brasil. awalnya piala untuk juara world cup itu adalah pala ‘jules remet’, piala yang terbuat dari emas seberat 3.8 kg. wow!

waktu world cup diadakan di inggris tahun 1966, piala jules rimet pernah dicuri waktu dipamerkan di Stampex Exhibition, piala yang dibuat oleh seorang Abel La Fleur, perupa asal perancis tersebut kemudian di temukan kembali 7 hari kemudian oleh seekor anjing bernama Pickles di tong sampah. ckckckck unik emang.

4 Tahun kemudian setelah piala itu hilang, FIFA memutuskan untuk ‘mengpesiunkan’ jules rimet dan menggantinya dengan piala yang baru dengan menggunakan emas 18 karat dan berat 4.97 kg ,dirancang oleh perupa terkenalItaliaSilvio Gazzaniaga dan dipergunakan hingga sekarang. sistem piala yang baru kini diadakan secara bergilir dari satu pemenang ke pemenang selanjutnya hingga plak namanya telah penuh diisikan dengan nama-nama negara pemenang, yang akan terjadi pada tahun 2038

Secara keseluruhan world cup sudah diadakan sebanyak 19 kali, dan brasil lah negara peringkat pertama yang memenangkan world cup dengan kemenangan sebanyak 5 kali, lalu disusul itali, jerman. 

  1.  Brasil –  (5 kali)
  2.  Italia –  (4 kali)
  3. Flag of Germany.svg Jerman –  (3 kali)
  4. Flag of Argentina.svg Argentina –  (2 kali)
  5. Flag of Uruguay.svg Uruguay –  (2 kali)
  6. Flag of England.svg Inggris –  (1 kali)
  7. Flag of France.svg Perancis –  (1 kali)
  8. Flag of Spain.svg Spanyol –  (1 kali)

melihat sejarah tersebut gue agak sedikit kaget mengenai negara Spanyol, kemenangan spanyol pada euro 2008, world cup 2010, dan euro 2012 berturut-turut memang membuat La Furia Roja ‘terkesan’ negara raksaksa sepak bola, apalagi didukung dengan pemain-pemainya yang memang sedang naik daun saat ini, namum ternyata baru-baru ini aja Spanyol berjaya, di perhelatan World Cup sebelum 2010 Spanyol belum pernah menang sama sekali.

menurut gue, suatu final baru dinamakan final kalo terjadi adu penalti. buat gue, itu momen yang bener-bener tegang banget ketimbang bermain biasa dengan skor unggul dan pemenangnya udah kebaca. kalo adu pinalti yang di permainkan bener-bener mental dan ‘unpredictable’ banget. nah, selama sejarah world cup pun kejadian adu pinalti di final itu baru terjadi 2 kali, yaitu tahun 1994 brasil vs itali dan dimenangkan brasil dengan skor 3-2, dan 2006 itali vs prancis dimenangkan itali dengan skor 5-3. kalo inget soal itali dan prancis jadi keinget insiden materazzi sama zidane, hahaha itu mungkin momen tereksterem sepanjang piala dunia menurut gue, dan andaikan zidane ga kena kartu merah, mungkin prancis menang malam itu, melihat permainan perancis yang ‘pincang’ banget saat ditinggal zidane. leadernya out aja masih bisa di tahan 1-1 sampe pinalti, apa lagi kalo leadernya ada.

Bicara soal piala dunia, gue jadi inget indonesia. kapan ya indonesia bisa main di situ, kapan-kapan kali ya. hahaha. well, buat piala dunia selanjutnya kabarnya akan diadakan di brasil untuk 2014, rusia untuk 2018, dan qatar untuk 2022.

sumber :http://sundayfuckinmorning.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s